Ini Dia Cara Efektif Membayar Utang yang Telanjur Menumpuk

AFPI

Bagikan:

Tidak ada yang menginginkan kehadiran utang piutang dalam kehidupannya. Namun, terkadang perkara utang ini tidak bisa dihindari pada suatu kondisi. Mau tidak mau, Anda harus siap untuk membayar utang tepat waktu.

Namun, mungkin ada kalanya Anda kesulitan untuk melunasi. Alasannya bisa beragam, mulai biaya hidup yang terus meningkat, atau ada keperluan yang sama pentingnyta mendadak datang tanpa aba-aba. Akibatnya utang pun menggunung dan semakin sulit untuk dibayar.

Ingin segera membayar utang Anda yang kian banyak, dan syukur-syukur bisa segera melunasinya? Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu meringankan beban tersebut, yang bisa Anda pertimbangkan untuk lakukan.

Cara Efektif Membayar Utang yang Telanjur Menumpuk

Buat Rencana Keuangan

Penting untuk mengelola segala pendapatan dan pengeluaran dengan rencana keuangan yang komprehensif dan realistis. Anda yang tahu, apakah Anda memiliki uang ekstra yang bisa dimanfaatkan untuk membayar utang yang sudah telanjut menumpuk ini. Bahkan jumlah kecil pun bisa mencegah Anda terjerat utang lain jika muncul pengeluaran tak terduga.

Jadi, buatlah catatan keuangan yang rapi, jika sampai saat ini Anda belum memilikinya. Mulai catat secara riil, berapa penghasilan Anda dan berapa pengeluaran secara rutin dalam periode tertentu. Anda akan melihat, apakah keduanya seimbang, atau tidak. Jika tidak, Anda harus mencari letak kesalahannya ada di mana.

Lalu, buatlah daftar utang apa saja yang masih belum lunas dengan lengkap dan terperinci. Pembuatan daftar utang dapat berguna untuk menentukan skala prioritas pelunasan. Mana yang sebaiknya segera Anda bayar, dan mana yang masih bisa ditunda. Daftar tersebut sebaiknya mencakup tanggal jatuh tempo, jumlah suku bunga, atau besaran denda.

Kurangi pengeluaran Anda

Untuk bisa melunasi utang dengan cepat, Anda harus mampu menahan laju pengeluaran. Artinya, cobalah untuk mengurangi pengeluaran, seperti layanan streaming, memesan makanan secara online, atau pengeluaran konsumtif lainnya.

Atur lagi semuanya, dan hanya hidup dengan bujet minimalis. Ya, jika ingin Anda ingin dapat membayar utang hingga lunas, memang harus ada beberapa hal yang dikorbankan dalam pengeluaran Anda.

Berhenti utang baru

Setelah menyadari utang yang kian menumpuk, jangan menambah utang yang baru.

Misalnya saja, segera jauhkan kartu kredit, dan jangan buka aplikasi pinjol lagi. Dengan begitu, Anda dapat fokus mengelola pembayaran utang yang harus disegerakan. 

Hindari gali lubang tutup lubang. Utang yang sudah menumpuk memang membuat Anda pusing saat ini. Namun, tidaklah benar jika Anda harus meminjam dana lain untuk melunasi utang sekarang. Hal ini hanya akan membuat Anda terus berada di lingkaran setan.

Dapatkan pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan Anda

Mengumpulkan penghasilan tambahan dapat meningkatkan potensi Anda untuk dapat membayar utang. Dengan ekstra pendapatan, utang Anda akan semakin cepat terlunasi. Apabila pendapatan dari pekerjaan Anda tidak dapat membantu, maka coba cari pekerjaan sampingan.

Ada banyak alternatif untuk bisa menambah penghasilan di zaman sekarang. Mulai dengan mencari lowongan freelancer, atau pekerjaan lain yang bisa Anda lakukan selagi melakukan pekerjaan utama. Atau, Anda juga bisa berdagang produk-produk yang sekiranya dibutuhkan oleh orang-orang di sekuitar Anda. Solusi lainnya adalah dengan menjual beberapa barang bekas yang masih dapat digunakan.

Cari metode pembayaran yang sesuai

Membayar utang hingga lunas adalah kewajiban dan membutuhkan komitmen. So, Anda juga harus menemukan metode pembayaran yang sesuai. Ada beberapa metode pelunasan utang yang dapat Anda gunakan.

Metode Debt Snowball

Dengan taktik ini, Anda menempatkan semua uang ekstra yang Anda bisa untuk membayar hutang terkecil Anda terlebih dahulu. Artinya Anda dapat menyusutkan utang yang menumpuk dari berbagai sumber dengan membayar mulai dari utang dengan jumlah terkecil hingga yang terbesar.

Dengan kata lain, metode ini meminta Anda untuk memprioritaskan utang yang terkecil.

Metode Longsoran Utang

Metode ini digunakan bagi mereka yang memprioritaskan keluar dari jerat utang dengan cepat dan efisien. Dengan strategi ini, Anda fokus melunasi utang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu.

Mengapa dikatakan efisien? Karena metode ini fokus untuk melunasi utang berdasarkan suku bunga tertinggi. Dengan begitu, seiring Anda melunasi utang, jumlah bunga total yang harus dibayarkan juga akan lebih sedikit.

Melakukan konsolidasi utang

Menggabungkan banyak utang menjadi satu pembayaran dapat dilakukan dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Hal ini yang disebut konsolidasi utang, yang akan memungkinkan Anda dapat membuat utang lebih mudah dikelola dan lebih murah secara keseluruhan.

Semakin sedikit Anda harus membayar bunga, semakin banyak uang yang dapat Anda gunakan untuk melunasi yang lain. Konsolidasi utang dapat digunakan, namun Anda harus memiliki skor kredit yang baik agar memenuhi syaratnya. Silakan cek dengan pihak pemberi pinjaman, untuk mengonfirmasi syarat-syaratnya ya.

Take Over Kredit

Solusi ini dapat digunakan apabila utang Anda termasuk ke dalam utang jangka panjang, seperti membeli mobil, rumah atau lainnya.

Take over kredit artinya menjual kembali barang tersebut walaupun masih cicilan. Dengan begitu, Anda bisa terbebas dari utang dan berkesempatan untuk mendapat uang tambahan dari penjualan tersebut.

Nah, demikianlah beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar dapat segera membayar utang yang menumpuk secara efektif.

Satu hal yang harus Anda perhatikan, bahwa adalah penting untuk menyadari kemampuan finansial diri sendiri. Kita meminjam dana dan berutang memang demi bisa mendapatkan tambahan dana, karena dana kita sendiri terbatas. Namun, bukan berarti lantas kita meminjam dana dengan sembarangan, tanpa memperhitungkan pengembaliannya. Justru, kita seharusnya hanya meminjam dana karena kita yakin mampu mengembalikannya hingga tuntas.

Bijak berutang akan menyelamatkan hidup Anda.