Kumpulkan Biaya Menikah dengan Fintech Pendanaan

AFPI

Bagikan:

Ada yang berencana untuk menikah tahun 2021 atau tahun depan? Sebaiknya biaya menikah harus dikumpulkan secepatnya, agar rencana pernikahan bisa berjalan dengan lancar. 

Bicara tentang menikah, banyak hal yang mesti Anda persiapkan selain mental. Pernikahan tak sekadar “Kupinang kau dengan Bismillah”. Tidak. Ada biaya menikah yang harus Anda pikirkan secara matang dengan calon suami/istri. 

Biasanya setiap pasangan sudah memiliki gambaran pernikahan yang akan diinginkan. Untuk pernikahan sekarang ini di mana calon pengantin menyukai tema garden party, estimasi biaya menikah kawasan Jabodetabek dengan undangan 1000 orang sekitar Rp150 juta – Rp200 juta. Tapi di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, undangan sangat dibatasi dan ini bisa membuat Anda lega.

Untuk para calon pengantin, sebaiknya mengetahui terlebih dulu apa saja biaya menikah yang perlu disiapkan, agar memudahkan Anda untuk menyusun bujet.

Daftar Keperluan untuk Pernikahan 

Lamaran 

Anda bisa saja memilih untuk lamaran hanya mengundang keluarga inti, tapi tetap butuh biaya. Biasanya yang perlu disiapkan adalah cincin tunangan dan katering.

Mahar

Dalam pernikahan mahar adalah hal yang sangat penting. Untuk bentuk dan seperti apa maharnya, tergantung dari permintaan calon pengantin perempuan. Pada umumnya, mahar berupa seperangkat alat salat, uang tunai, hingga perhiasan.

Cincin kawin

Sering kali calon pengantin galau dengan cincin kawin. Baiknya Anda dan pasangan berdiskusi mau seperti apa cincin kawinnya. Untuk harga, biasanya disesuaikan dengan model, berat, bahan, dan brand.

Administrasi

Menikah tentunya harus ada izin dari KUA. Sekarang ini jika Anda ingin menikah gratis di KUA bisa, tapi menikahnya harus hari kerja (Senin-Jumat) dan dilaksanakan di KUA. Apabila ingin menikah di luar KUA, akan ada biaya administrasi yang harus dibayarkan.

Hal yang sama juga terjadi jika Anda nonmuslim. Sesuaikan dengan ketentuan agama masing-masing ya.

Saserahan

Budaya saserahan ini sudah menjadi tradisi di Indonesia dan dilakukan saat prosesi lamaran atau pernikahan. Umumnya isi saserahan berupa perlengkapan calon pengantin perempuan, seperti pakaian, sepatu, tas, pakaian dalam, perawatan wajah dan tubuh, buah-buahan, hingga makanan.

Gedung

Memutuskan menikah di gedung ataupun outdoor, Anda harus menyiapkan bujet yang cukup besar. Itu pun tergantung jumlah undangan dan waktu pelaksanaan. Apabila mau diadakan di rumah, Anda harus menyewa jasa sewa tenda.

Katering

Urusan katering harus diperhatikan dan biayanya tidak sedikit. Besaran biaya disesuaikan dengan jumlah undangan dan pilihan menu. Pastikan katering dilebihkan saat hari H untuk menghindari kehabisan makanan.

Suvenir dan undangan

Walaupun sekarang ini sudah ada undangan digital, namun undangan bentuk fisik masih digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk undangan dan suvenir besaran biaya tergantung model, desain, ukuran dan jumlah.

Makeup artist (MUA) dan baju pengantin

Menikah sekali seumur hidup, maka pilihlah rias pengantin terbaik dan sesuaikan dengan bujet Anda. Biasanya untuk MUA ada paket dengan baju pengantin jadi Anda tidak terlalu repot.

Video dan foto

Momen membahagiakan ini tentunya harus diabadikan. Paket wedding biasanya disediakan oleh jasa dokumentasi. Lakukan perbandingan harga untuk mendapatkan harga terbaik.

Seragam pernikahan

Ini pun tidak bisa dilewatkan. Biasanya Anda cukup menyediakan seragam pernikahan untuk keluarga inti saja. Di sini Anda harus bisa keliling toko-toko kain untuk bisa mencari bahan yang bagus dan sesuai bujet.

Wedding organizer

Anda dan pasangan sibuk kerja dan sulit menemukan waktu untuk ketemu? Saatnya Anda mencari jasa wedding organizer untuk meringankan beban pikiran Anda dalam mengurus pernikahan. Pada umumnya, WO menawarkan jasa seperti dekorasi, gedung, katering, dan konsep.  Menggunakan jasa WO membuat Anda sangat terbantu dan tidak ribet harus mengerjakan banyak hal, sementara ada tuntutan tugas lain juga yang tidak bisa ditinggalkan.

Setelah Anda merinci biaya nikah di atas, diskusikan dengan pasangan, konsep pernikahan kalian seperti apa. Lalu, cek ketersediaan dana di tabungan masing-masin mencukupi atau tidak.

Menyusun Anggaran Biaya Menikah

Bagaimana kalau tabungan tidak mencukupi atau bahkan tidak ada sama sekali?

Pertama, susun ulang rencana, pilih dan pilah pos mana yang bisa dikurangi atau dihemat. Kedua, Anda bisa mengembangkan dana yang Anda miliki dulu, hingga mencapai target yang diinginkan. Salah satu caranya adalah menggunakan fintech pendanaan bersama untuk pengembangan dana biaya menikah.

Untuk calon pengantin yang belum memiliki tabungan, jangan dulu panik. Anda bisa menggunakan fintech pendanaan bersama untuk mengumpulkan biaya menikah sebagai lender atau pendana dalam pengembangan dana. Nantinya, Anda dan pasangan bisa menyisihkan uang tiap bulan untuk dimasukkan ke fintech pendanaan bersama.

Memilih fintech pendanaan bersama untuk mengumpulkan biaya nikah bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah berikut.

  • Tentukan total bujet dan target waktu terlebih dulu. Anda dan pasangan harus benar-benar memikirkan konsep dan detail acara, jangan lupa untuk dicatat. Dan berapa lama Anda menargetkan untuk mengumpulkan biaya menikah.
  • Cek dana yang ada di tabungan. Apabila, misalnya total biaya menikah 100 juta, yang ada di rekening 20 juta, maka Anda harus mencari 80 juta dalam dua tahun, misalnya. 
  • Tentukan target besaran dana yang akan disisihkan tiap bulan untuk biaya menikah.
  • Pilih fintech pendanaan bersama yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa cek ke website OJK atau di website AFPI untuk melihat fintech pendanaan bersama mana saja yang sudah memiliki izin resmi.
  • Disiplinkan untuk mengalokasikan dana sebagai lender atau pendana tiap bulannya.

Mengapa memilih fintech pendanaan bersama untuk mengumpulkan biaya menikah? 

Karena di platform ini, Anda bisa memperoleh imbal hasil sekitar 10-15% per tahun. Dibandingkan dengan menyimpan dana di tabungan di mana Anda hanya memperoleh imbal hasil 1,7% per tahun, mengembangkan dana di fintech pendanaan bersama sangat menguntungkan. Anda bisa dengan cepat mengumpulkan biaya menikah seusai target yang diinginkan.

Kesimpulan

Pernikahan adalah momen sakral dan membahagiakan. Sebaiknya Anda memikirkan secara detail akan konsepnya, buatlah alokasi dana yang bisa dijangkau. Alokasikan dana untuk mengumpulkan biaya menikah di fintech pendanaan bersama adalah jalan terbaik tanpa perlu merepotkan banyak pihak.