Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

AFPI

Bagikan:

Meminjam senilai uang di zaman sekarang ini tidak serumit tahun – tahun yang lalu, jika dulu ketika anda akan meminjam uang harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu seperti penyiapan dokumen, dan membawa dokumen tersebut menuju cabang bank yang akan kalian pinjam, itulah proses peminjaman uang melalui bank konvensional.

Namun di era teknologi saat ini tidaklah serumit seperti apa yang dikatakan di atas, karena saat in ada sebuah industri yang namanya Fintech atau Financial Technology, di dalam Fintech ini terdapat beberapa jenis pengelolaan keuangan, salah satunya adalah jenis Fintech Pinjaman, yang mana anda bisa mengajukan pinjaman secara online, praktis dan cepat.

Banyak sekali orang yang melakukan pinjaman melalui sebuah aplikasi online yang termasuk kedalam industri Fintech, kehadiran aplikasi pinjaman online ini menjadi sebuah solusi untuk mereka yang sangat sulit mendapatkan pinjaman dari bank konvensional sehingga adanya pinjaman online ini bisa anda jadikan sebagai sebuah sarana memulai usaha atau keperluan pribadi anda.

Aplikasi pinjaman online yang tersedia saat ini sangat beragam, banyak sekali pilihan yang bisa anda pilih, namun tentu anda tidak boleh asal memilih aplikasi pinjaman online ini agar tidak terjadi hal yang merugikan anda, berikut adalah tips memilih aplikasi pinjaman online.

Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Tips yang pertama dalam memilih aplikasi pinjaman uang online terpercaya adalah pilihlah aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena sebuah perusahaan Fintech atau Perusahaan Pinjaman online melalui sebuah aplikasi yang terdaftar di OJK, akan secara otomatis di awasi dan mengikut tata cara yang berlaku dari OJK itu sendiri.

Mulai dari cara penagihan, ketentuan besaran suku bunga pinjaman, denda dan lain sebagai. Semua perusahaan Fintech yang terdaftar di OJK harus mengikuti ketentuan – ketentuan tersebut. Jika anda ingin melihat daftar penyelenggara Fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan anda bisa melihatnya pada web www.ojk.go.id

Memperhatikan Persyaratan Yang Diminta

Sebelum anda melakukan pinjaman melalui sebuah aplikasi online tips kedua yang harus anda perhatikan terlebih dahulu adalah membaca dan memahami persyaratan yang diminta pada umumnya. Seperti KTP, KK, NPWP, Slip Gaji dan buku tabungan. Jika suatu aplikasi meminta dokumen sangat penting yang anda miliki maka disarankan anda memilih aplikasi lain.

Karena jika dokumen – dokumen penting seperti sertifikat tanah, surat kepemilikan kendaraan dan lain sebagainya merupakan dokumen penting yang tidak seharusnya diminta oleh pihak pemberi pinjaman, namun jika pinjaman online tersebut meminta dokumen penting untuk sebuah jaminan, maka anda bisa bertanya apakah ada asuransi untuk jaminan tersebut.

Transparan Dan Terbuka

Tips selanjutnya dalam memilih aplikasi pinjaman online adalah transparan dan terbuka. Sebuah aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tentu akan memiliki sistematis pinjaman yang transparan dan terbuka agar si peminjam mampu memahami dengan sangat jelas alur serta persyaratan apa saja yang harus dipenuhinya untuk mendapatkan pinjaman.

Sebagai contoh, ada beberapa aplikasi pinjaman online yang menyediakan kalkulator installment. Melalui kalkulator installment ini anda sebagai orang yang akan meminjam uang akan mengetahui secara langsung ketika anda misal meminjam uang senilai Rp.2 juta maka anda akan tahu, total biaya berapa, bunganya berapa, tenornya berapa lama dan sebagainya.

Mudah Cek Status Uang Yang Dipinjam

Tips selanjutnya, anda sebagai seorang debitur (pihak yang meminjam) harus bisa melakukan cek dengan mudah terhadap uang pinjaman yang anda ajukan. Artinya dalam sebuah aplikasi pinjaman online yang terpercaya seharusnya terdapat beberapa fitur seperti status total pinjaman, bunga dari pinjaman tersebut berapa, jatuh temponya kapan dan lain sebagainya.

Mengapa hal tersebut sangat penting, agar anda sebagai peminjam uang tidak akan tertipu dengan pihak pemberi pinjaman terkait hal – hal yang sudah dijelaskan di atas, artinya anda mampu mengelola waktu pembayaran dan bunga yang harus dibayarkan secara mandiri karena sudah tertera dengan jelas di dalam aplikasi tersebut tanpa ada intimidasi dari pihak lain.

Memiliki Layanan Pelanggan Dan Mudah Dihubungi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa ketika anda melakukan pinjaman melalui sebuah aplikasi online maka sangat berbeda jauh dengan anda meminjam pada bank Konvensional. Misal, jika anda meminjam pada aplikasi online, kemungkinan besar anda tidak mengetahui keberadaan dari perusahaan jasa yang memberikan anda pinjaman tersebut.

Jika demikian, ketika ada sesuatu yang terjadi pada anda, anda hanya bisa mengadukan hal tersebut melalui layanan pelanggan. Disinilah fungsinya ketika anda memilih sebuah aplikasi pinjaman online yang memiliki layanan pelanggan dan mudah dihubungi oleh anda. Dengan begitu ketika terjadi sesuatu anda bisa dengan cepat menerima bantuan sedini mungkin.

Hal ini pun sebenarnya sudah ada di dalam ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) itu sendiri. Di dalam OJK dinyatakan bahwa penyelenggara kredit online wajib menyediakan layanan untuk menyelesaikan komplain nasabah. Artinya bisa disimpulkan bahwa sebuah aplikasi pinjaman online yang menyediakan layanan pelanggan setidaknya merupakan aplikasi yang bisa dipercaya.

Coverage Area (Cakupan Area)

Tips selanjutnya dalam memilih aplikasi pinjaman online terpercaya adalah dengan memilih sebuah aplikasi pinjaman online yang beroperasi di seluruh Indonesia. Mengapa demikian, karena perlu anda ketahui bahwa ada beberapa perusahaan Fintech penyedia pinjaman uang online yang masih beroperasi hanya pada beberapa kota saja.

Ketika anda memilih sebuah aplikasi pinjaman uang online dengan coverage area (cakupan area) seluruh Indonesia, maka bisa dikatakan perusahaan jasa pinjaman uang online tersebut sudah masuk kedalam kategori perusahaan besar, dengan demikian tingkat kepercayaan anda sebagai debitur (peminjam uang) akan lebih percaya, juga dari segi keamanan anda akan lebih terjamin.

Situs Perusahaan Digembok

Tips yang terakhir mungkin terdengar sedikit aneh namun belum banyak orang yang mengetahuinya, maksud dari situ digembok adalah ketika anda sedang menelusuri jejak aplikasi pinjaman uang online melalui situs – situsnya, anda bisa memperhatikan situs tersebut ketika anda membukanya. Pada ponsel atau komputer anda, anda bisa melihat sisi pojok kiri atas dari situs tersebut.

Jika ketika anda membuka situs dari perusahaan jasa pinjaman uang online tersebut situsnya terdapat logo gembok atau tergembok maka bisa dikatakan keamanan dari perusahaan tersebut terjamin, dan hal ini bisa menjadi salah satu indikasi yang bisa anda terapkan dalam memilih sebuah aplikasi pinjaman uang online yang terpercaya.

Itulah beberapa tips dalam memilih aplikasi pinjaman uang online yang terpercaya, tidak bisa dipungkiri jasa seperti ini sekarang sudah sangat marak, namun perlu anda catat bahwa tidak semua aplikasi pinjaman uang online yang ada itu terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi anda sendiri yang harus lebih teliti dalam memilih aplikasi yang akan digunakan.

Share: