Apa Itu Skor SLIK OJK? Dan Apa Pengaruhnya Bagi Anda yang Ingin Meminjam Dana?

AFPI

Bagikan:

Ketika Anda mengajukan pinjaman dana ke lembaga keuangan, salah satu proses yang harus dilalui adalah analisis kredit. Pada umumnya analisis kredit akan menggunakan BI checking untuk menentukan skor kredit. Inilah penentuan apakah Anda bisa meminjam dana atau tidak. 

Namun sejak 1 Januari 2018, BI checking sudah tidak ada lagi digantikan oleh Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK. Dan SLIK ini dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apa yang Dimaksud dengan SLIK OJK?

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) merupakan sebuah catatan atas informasi terkait riwayat debitur bank maupun lembaga keuangan lainnya. Catatan ini berupa informasi mengenai lancar atau tidak pembayaran atas pinjaman kredit debitur.

Ringkasnya, SLIK digunakan oleh bank dan juga lembaga keuangan lainnya untuk bisa memperoleh informasi riwayat kredit calon debiturnya. SLIK akan menjadi pertimbangan penting apakah debitur tersebut layak mendapat pinjaman kredit atau tidak.

Sama halnya seperti nama sebelumnya (BI checking), SLIK ini cukup menjadi “momok” bagi para debitur. Karena sudah jelas jika angka SLIK tinggi, dipastikan debitur tidak akan mendapatkan pinjaman, begitu pun sebaliknya.

Adapun penentuan angka SLIK berdasarkan peraturan OJK No. 40/POJK.03/2019 mengenai Penilaian Kualitas Aset Bank Umum adalah sebagai berikut.

  • Skor 1 : lancar, ini berarti debitur selalu membayar bunga dan juga pokok tepat waktu. Perkembangan rekening baik, sesuai persyaratan kredit, dan tidak ada tunggakan.
  • Skor 2 : dalam perhatian khusus, berarti debitur menunggak kredit antara 1-90 hari.
  • Skor 3 : kurang lancar, debitur menunggak kredit 91-120 hari.
  • Skor 4 : diragukan, debitur menunggak kredit 121-180 hari.
  • Skor 5 : macet, debitur menunggak kredit lebih dari 180 hari.

Jadi, apabila skor SLIK Anda 5 berarti akan sulit meminjam dana dari bank maupun lembaga keuangan lainnya. Sedangkan jika skor SLIK 1, Anda akan mudah mendapatkan pinjaman dana.

Apakah informasi di SLIK akurat? Jawabannya iya.

Jadi, informasi di SLIK ini merupakan kumpulan data antar bank dan juga lembaga keuangan. Adapun informasi yang dipertukarkan antara lain agunan, identitas debitur, pengurus dan pemilik (badan usaha) yang menjadi debitur, riwayat pembayaran semua jenis cicilan kredit, kredit macet dan juga jumlah pembiayaan yang diterima.

Untuk bank dan juga lembaga keuangan yang saling bertukar informasi harus tergabung dalam Biro Informasi Kredit (BIK), dulunya di bawah koordinasi BI, namun kini sudah beralih ke Otoritas Jasa Keuangan. Data-data debitur dikumpulkan berkala oleh OJK lalu diintegrasikan ke dalam sistem SLIK OJK.

Cara Cek SLIK OJK Online

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan SLIK OJK caranya sangat mudah, yaitu dengan mendatangi langsung kantor OJK di pusat atau di daerah masing-masing. Informasi SLIK OJK ini diberikan gratis tanpa dipungut biaya, entah itu untuk permohonan badan usaha maupun individu. Untuk proses layanan SLIK OJK membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Permintaan informasi ini sebaiknya tidak diwakilkan oleh orang lain agar kerahasiaannya terjaga.

Nah, jika Anda ingin memanfaatkan layanan online, caranya juga mudah. Berikut ini cara cek SLIK OJK secara online.

  • Buka laman permohonan SLIK di website OJK
  • Isi formulir dan nomor antrean
  • Upload scan dokumen yang diminta: KTP bagi WNI, paspor untuk WNA, sedangkan badan usaha wajib mencantumkan NPWP, identitas pengurus, dan akta pendirian perusahaan. 
  • Jika sudah di-upload, klik tombol kirim.
  • Tunggu e-mail konfirmasi dari OJK yang berisi bukti registrasi antrean SLIK online.
  • Biasanya OJK akan melakukan verifikasi data, dan pemohon akan mendapat pemberitahuan hasil verifikasi antrean SLIK online paling lambat H-2 dari tanggal antrean.
  • Jika data yang diberikan valid, debitur bisa langsung mencetak formulir dari e-mail tersebut dan bubuhkan tanda tangan sebanyak tiga kali.
  • Foto atau scan formulir tersebut, dan dikirim ke nomor WhatsApp yang ada di e-mail beserta foto selfie dengan menunjukkan KTP
  • Pihak OJK akan melanjutkan verifikasi via WhatsApp dan video call jika diperlukan
  • Apabila lolos verifikasi, OJK akan mengirimkan hasil iDeb SLIK lewat e-mail

Lalu bagaimana pengaruh SLIK OJK bagi masyarakat yang ingin meminjam dana?

Begini Pengaruh SLIK OJK Bagi Anda yang Ingin Meminjam Dana

Bagi peminjam dana, inilah pengaruh SLIK OJK:

  • Sangat membantu dalam percepatan proses analisis dan pengambilan keputusan pemberian pinjaman dana
  • Bisa meminimalkan risiko kredit bermasalah di kemudian hari
  • Mengurangi atau meminimalkan ketergantungan pelapor atau peminjam dana pada agunan konvensional
  • Pemberi kredit (bank dan lembaga keuangan) bisa menilai reputasi kredit calon debitur sebagai pengganti atau pelengkap agunan
  • Efisiensi biaya operasional
  • Mendorong terciptanya transparansi pengelolaan kredit. Bagi debitur, hadirnya SLIK bisa dimanfaatkan untuk tahu data kredit perbankan seperti data pokok debitur, plafon kredit, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran sekaligus denda atau penalti pinjaman. Tak hanya itu SLIK OJK bisa memberikan informasi mengenai status agunan dan juga rincian penjamin kredit.

Sedangkan untuk masyarakat, inilah manfaat dari SLIK OJK:

  • Mempermudah proses, yakni waktu yang dibutuhkan bisa dipersingkat dalam memperoleh pinjaman dana
  • Untuk nasabah baru yang masuk kategori UMKM bisa mendapatkan akses lebih luas kepada pemberi pinjaman dengan mengandalkan reputasi keuangan tanpa harus tergantung pada ketersediaan agunan
  • Memotivasi peminjam dana agar bisa mempertahankan reputasi baik kreditnya.

Kesimpulan

SLIK OJK ini sangat penting bagi Anda yang ingin meminjam dana dari lembaga mana pun. Oleh karena itu, jagalah skor SLIK Anda dengan cara memastikan pembayaran tepat waktu, tidak ada tunggakan maupun gagal bayar. Ke depannya, jika Anda ingin mengajukan pinjaman dana lagi, Anda tidak akan mengalami kesulitan.