Kembangkan Bisnis Online dengan Dana Modal Usaha dari Fintech

AFPI

Share:

Internet sungguh memudahkan dalam melakukan segala hal termasuk membuka usaha bisnis online. Selama satu tahun belakangan ini hingga sekarang bisnis online menjadi ‘penyelamat’ bagi sebagian orang yang terdampak pandemi COVID-19. Pembatasan sosial, bekerja di rumah sebagai cara penanggulangan COVID-19 ternyata membuat orang-orang kreatif dalam menambah penghasilan. Banyak yang memutuskan untuk berjualan dan membuka usaha sampingan secara online.

Selain karena keadaan sekarang ini, bisnis online disukai banyak orang karena kemudahannya, pun modal yang kecil. Anda yang ingin membuka bisnis online memerlukan dua hal penting yaitu manajemen waktu dan modal usaha.

Kemudahan teknologi memang sangat membantu. Duduk manis sambil seruput kopi, menyalakan laptop, adalah bagian dari aktivitas menjalankan bisnis online yang tak memerlukan kehadiran fisik. Namun, apa sajakah bisnis online yang lagi ‘naik daun’ sekarang ini?

7 Bisnis online yang tren

Dropship

Bisnis yang satu ini akan selalu bertahan. Banyak orang yang memilih usaha sebagai dropshipper karena kemudahannya, tak perlu mendatangi tokonya, cukup menyediakan akun di media sosial maupun e-commerce dan Anda sudah bisa memperoleh penghasilan.

Cara kerja dropship:

Anda kerja sama dengan supplier yang menyediakan barang-barang, lalu Anda bisa memesan barang tersebut (kadang ada juga supplier yang menyediakan jasa ganti label dengan brand sendiri) sesuai permintaan konsumen. Anda juga tidak perlu repot karena barang tersebut akan dikirimkan oleh supplier atas nama toko Anda.

Content creator

Yup, pekerjaan yang satu ini tercipta karena kemajuan teknologi. Anda bisa membuat karya di berbagai channel seperti Instagram, Tiktok, Youtube, Podcast dan juga blog.

Sekarang ini content creator adalah bagian dari marketing digital brand. Banyak brand yang memerlukan content creator untuk mempromosikan produk mereka. Jadi, Anda tinggal memilih mau serius di platform mana dan pilih niche yang Anda sukai.

Crafting

Anda menyukai crafting seperti membuat macrame, atau masker? Saatnya mengembangkan bisnis Anda! Sekarang ini banyak banget para crafter yang mulai memasarkan produk mereka secara online. Berbagai produk yang unik, kualitas bagu dan harga terjangkau bisa Anda temukan.

Kelas online

Sejak pandemi COVID-19, banyak yang membuka kelas online tujuannya untuk mengasah skill sehingga bisa menghasilkan cuan.  Anda bisa membuka kelas online dengan skill yang dimiliki. Biasanya kelas online ini dibuka dengan berbagai level. 

Pengembangan aplikasi

Punya bisnis online, memiliki aplikasi sangat membantu Anda untuk menjaring konsumen dan mengumpulkan data pembelian. Tren belanja online menjadikan celah untuk membuka usaha pengembangan aplikasi yang bisa menghasilkan pendapatan terbaik. Butuh keahlian coding? Ternyata tidak juga karena ada software yang bisa digunakan bagi siapapun yang tidak memiliki dasar coding untuk bisa mendesain aplikasi.

Pengembangan game online

Perkembangan industri game online memelesat beberapa tahun belakang ini hingga sekarang. Anda yang memiliki keahlian coding, desain aplikasi hingga musik bisa berkolaborasi untuk membuat game online.

Jasa kelola media sosial dan konten

Punya usaha harus diiringi dengan memiliki media sosial untuk mendukung penjualan dan publikasi. Ini memberikan efek dengan hadirnya pekerjaan jasa kelola media sosial dan konten. Anda yang repot menyiapkan pengembangan produk bisa mempercayakan media sosial dan website ke jasa ini.

Perlu Anda ketahui, walaupun semua bisnis di atas dilakukan secara online bukan berarti tidak memiliki modal usaha. Untuk dropshiper saja Anda membutuhkan kuota internet, pulsa telepon agar usaha bisa berjalan. Dan itu semua masuk ke dalam modal usaha.

Mau jadi content creator? Anda membutuhkan perangkat seperti kamera, laptop, smartphone hingga software editing. Semua alat tersebut tidaklah murah.

Apabila Anda memiliki usaha dan ingin serius mengembangkannya, modal usaha diperlukan agar bisnisnya bisa berjalan. Tapi, untuk skala bisnis online biasanya modal usaha tidak terlalu besar.

Kalau belum punya modal usaha bagaimana cara untuk bisa memperolehnya? Anda bisa melakukan pinjaman modal ke fintech pendanaan bersama atau p2p lending.

Mengembangkan bisnis online dengan pinjaman dana dari fintech pendanaan bersama

Anda bisa mendapatkan modal usaha melalui fintech pendanaan bersama. Karena di platform ini Anda bisa melakukan pinjaman dana dengan nominal kecil hingga besar, jangka waktunya pun tidak lama.

Sekarang ini fintech pendanaan bersama menjadi mitra bank dalam menyalurkan dana UMKM dari pemerintah. Jadi, ini kesempatan bagi Anda yang memiliki bisnis online mendapatkan modal usaha tanpa perlu repot dengan dokumen.

Cara melakukan pinjaman dana ke fintech pendanaan bersama:

  • Pastikan besaran modal usaha yang Anda perlukan. Untuk ini, Anda harus bisa merinci biaya-biaya apa saja yang diperlukan.
  • Cek ketersediaan dana di tabungan. Ini bertujuan agar Anda memiliki backup dana apabila usaha Anda tersendat sehingga tabungan bisa digunakan untuk meng-cover cicilan bulanan.
  • Pilih fintech pendanaan bersama yang sudah terdaftar dan berizin. Anda bisa cek di website Otoritas Jasa Keuangan dan website AFPI.
  • Lengkapi dokumen yang diminta (pada umumnya harus menyertakan KTP, rekening koran).
  • Tunggu pencairan pinjaman dana.
  • Bayar cicilan sesuai waktu yang sudah ditentukan dan hindari terjadinya gagal bayar.

Pastikan modal usaha yang Anda dapatkan dari pinjaman dana fintech pendanaan bersama itu digunakan sebagaimana mestinya. Hindari menggunakan pinjaman dana untuk memberi barang konsumtif karena justru itu nantinya akan menyusahkan Anda ke depannya. Karena barang konsumtif tidak bisa menghasilkan keuntungan usaha.

Kesimpulan

Kondisi sekarang ini membuat orang-orang lebih kreatif dalam membuka usaha. Ini sebuah tren positif tentunya karena UMKM bisa menyokong perekonomian negara. Namun, perlu diingat saat Anda melakukan pinjaman dana pastikan untuk disiplin dan tertib dalam penggunaannya. Manfaatkan modal usaha dari fintech pendanaan bersama untuk mengembangkan bisnis agar Anda pun bisa memperoleh keuntungan.