Kegiatan Seru Libur Lebaran 2021 bersama Keluarga di Rumah

AFPI

Share:

Pandemi COVID-19 membuat Lebaran 2021 belum bisa kembali normal seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk menekan angka penyebaran COVID-19, keputusan larangan mudik pun dikeluarkan oleh pemerintah. Walaupun sedih tidak bisa berkumpul dengan keluarga saat Lebaran, tapi inilah jalan terbaik bagi kita semua.

Memang sih, agak berat bagi kita semua untuk tidak mudik, apalagi ini adalah tahun kedua larangan mudik. Rindu akan keluarga pasti membuncah, tapi menahan untuk tidak pulang merupakan jalan terbaik, terlebih jika orang tua dan keluarga di kampung adalah mereka yang termasuk rentan terpapar virus COVID-19. 

Sebenarnya ada hikmah positif juga di balik larangan mudik Lebaran 2021 ini. Anda bisa lebih menghemat dana THR. Uang untuk mudik bisa Anda alihkan untuk pengembangan dana di fintech lending misalnya. 

Untuk libur Lebaran 2021, pemerintah telah memutuskan hanya di tanggal 13-14 Mei 2021 dan cuti bersama di tanggal 12 Mei 2021. Ini sengaja dilakukan, agar masyarakat tidak mudik. 

Rentang waktu tiga hari libur Lebaran, ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Kegiatan yang murah meriah dan bisa meningkatkan bonding anggota keluarga.

5 Kegiatan bareng keluarga menjelang Lebaran

Membersihkan rumah

Cuti bersama di tanggal 12 Mei 2021, Anda bisa melakukan kegiatan membersihkan rumah bareng keluarga. Mulai dari menyapu, ngepel, mengganti gorden, seprai, membersihkan plafon rumah dari sarang laba-laba, hingga menata taman.

Bagilah kegiatan tersebut dengan anggota keluarga agar terasa ringan dan cepat selesainya. 

Belanja kebutuhan Lebaran

Selesai membersihkan rumah, lanjut dengan belanja kebutuhan saat Lebaran. Mulai dari menentukan menu apa saja yang akan dimasak, hingga membeli kue kering dan basah.

Menyetok bahan makan bisa juga Anda lakukan H-5 Lebaran. Ini dilakukan untuk mencegah membeli di saat harga naik. Karena, biasanya menjelang Lebaran harga kebutuhan pokok akan naik.

Memasak menu Lebaran

Kebiasaan masyarakat Indonesia menjelang Lebaran adalah memasak menu di H-1. Biasanya setelah buka puasa, memasak menu Lebaran akan dimulai. Walau tahun ini Anda tidak bisa pulang, tapi melakukan kebiasaan tersebut akan bisa mengobati rindu akan rumah.

Menyalurkan zakat fitrah

Menunaikan zakat adalah rukun Islam ketiga. Jadi, wajib hukumnya bagi umat muslim untuk melakukannya. Zakat fitrah biasanya dikeluarkan di waktu akhir puasa Ramadhan dan sebelum pelaksanaan salat Idulfitri. Adapun besaran zakat fitrah itu, beras seberat 2,5 kg per anggota keluarga.

Membersihkan peralatan salat

Untuk tahun ini sholat Ied pun dibatasi, termasuk larangan untuk salat di lapangan terbuka. Di masjid, hanya bisa 50% dari kapasitas. Jadi, pilihannya adalah salat di masjid atau di rumah.

Cek lagi peralatan salat Anda mulai dari sarung, mukena, dan sajadah. Cuci atau kalau masih bersih bisa dijemur saja di bawah terik matahari.

Lalu, karena waktu untuk Libur Lebaran yang dimiliki hanyalah dua hari, kegiatan apa saja ya yang bisa dilakukan di rumah selama libur? 

6 Kegiatan Seru Selama Libur Lebaran 2021 di Rumah 

Video call selesai salat Ied

Teknologi selalu menjadi penyelamat! Walau tak bisa bertatap muka, berjabat tangan dengan keluarga besar, Anda bisa menyapa mereka melalui video call.

Atau jika Anda ingin melakukan tatap muka dengan seluruh keluarga besar, Anda bisa memanfaatkan zoom. Lumayan selama satu jam Anda bisa ngobrol bareng dengan keluarga.

Makan bersama

Salah satu hal yang dinanti setelah salat Ied adalah makan bersama keluarga. Memang sih tahun ini, tidak riuh dengan canda tawa keluarga lain, tapi Anda bisa menikmati santap bersama keluarga dengan menu favorit, seperti opor ayam, rendang, sambal goreng, dan lain sebagainya.

Bermain game

Mematikan ponsel saat libur Lebaran adalah pilihan terbaik. Anda bisa memiliki banyak waktu dengan keluarga, khususnya bersama si kecil. Pilihlah permainan board games yang bisa melibatkan orang banyak. Misalnya seperti Uno, monopoli, ular tangga, yang bisa dimainkan seluruh anggota keluarga.

Atau bisa juga Anda menyediakan permainan tradisional seperti congklak. Dijamin ini pasti seru dan anak-anak akan menyukainya!

Movie marathon

Mau menonton drama Korea tapi selalu terdistraksi dengan pekerjaan? Inilah saatnya Anda untuk menuntaskan drama-drama yang selama ini belum selesai ditonton. Banyak pilihan film yang bisa Anda pilih sekarang ini. 

Atau Anda bisa mendownload film sesuai kesepakatan keluarga, lalu ‘sulap’ ruang keluarga menjadi bioskop mini. Eits, jangan lupa juga menyediakan pop corn dan jus untuk menemani keluarga menonton film.

Membaca buku

Jangan biarkan tumpukan buku yang sudah dibeli tapi tak dibaca. Anda bisa meluangkan waktu di libur Lebaran 2021 ini untuk menyelesaikan beberapa buku yang sudah dibeli sebelumnya. Jangan lupa siapkan camilan sebagai teman membaca.

Staycation

Tak perlu keluar kota untuk menginap. Anda bisa memilih hotel dalam kota untuk staycation bersama keluarga. Sekarang ini hotel-hotel pun sudah berbenah dan menjalani protokol kesehatan ketat bagi yang mau menginap. Pilihlah hotel sesuai dengan bujet Anda.

Walaupun libur Lebaran 2021 ini tidak mudik, Anda harus menyediakan bujet untuk berbagai keperluan di atas. Aturlah pos-pos keuangan sesuai dengan bujet Anda. Untuk dana yang tersisa, bisa Anda sisihkan untuk pengembangan dana.

Masih tersisa beberapa hari menjelang hari kemenangan. Semoga kita semua bisa menjalankan ibadah-ibadah dan mendapatkan limpahan pahala dari Allah SWT. Rindu akan keluarga itu adalah hal yang pasti namun menjaga agar mereka pun tetap sehat adalah kewajiban kita semua. 

Selamat berpuasa dan menyambut Idulfitri.