Menghasilkan Uang Banyak Meskipun Sedang Tidur? Bisa!

Menghasilkan uang meskipun sedang tidur, sepertinya terdengar mustahil tapi itu bisa terjadi.

Pernahkah Anda membaca quotes dari Warren Buffett?

“If you don’t find a way to make money while you sleep, you will work until you die.”

Sebenarnya quotes ini memotivasi kita untuk bisa menghasilkan uang lebih dan bisa mengelolanya, agar kelak di usia senja Anda tidak repot memikirkan dari mana uang untuk biaya hidup. Di mana jika dibiarkan tidak punya dana pensiun, inilah kelak yang akan menjadi bibit sandwich generation.

Nah, hubungan antara quotes Warren Buffett dan pernyataan di atas adalah: bagaimana cara menghasilkan uang selagi tidur? Jawabannya, Anda harus memiliki passive income. Begitulah miliuner di luar sana bisa memiliki saldo rekening miliaran atau pinjam istilah netizen, uangnya tidak berseri, karena mereka mempunyai passive income. Bukan berarti mereka melakukan pekerjaan yang banyak ya, tidak seperti itu.

Passive income adalah cara menghasilkan uang banyak tanpa perlu melakukan pekerjaan ‘aktif’ di dalamnya. Sampai di sini sudah paham, kan ya?

Jadi, passive income ini bisa meningkatkan tabungan Anda tanpa mengganggu pekerjaan utama. Passive income juga bisa mewujudkan tujuan keuangan Anda. Dan ini bisa membawa Anda di fase bebas finansial di satu saat nanti.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari passive income? 7 Kegiatan di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkannya.

7 Cara menghasilkan uang dari passive income

Pasang ads

Di artikel bisnis online, sudah pernah dibahas jenis-jenis pekerjaan digital yang lagi ngehits. Jika Anda memilih menjadi content creator (menulis blog, Youtube, Instagram) manfaatkan layanan Ads sesuai platform yang Anda miliki. 

Untuk blog, jika Anda memiliki jumlah pengunjung yang lumayan per bulan, Anda bisa memasang Google Adsense. Pastikan Anda penuhi segala syarat, ya agar mudah di-approve.
Begitupun dengan Youtube. Sekarang ini platform video ini sangat disukai karena bisa menghasilkan uang yang banyak dari ads. Namun tentunya ada syarat yang harus dipenuhi.

Jual stok foto

Anda memiliki stok foto yang layak? Maksudnya tidak blur, dan menarik. Anda bisa menjualnya di beberapa website fotografi seperti Shutterstock. Nantinya, Anda akan mendapatkan uang dari penjualan foto. Lumayan loh karena nominalnya dalam dolar.

Jual e-book

Anda memiliki keahlian seperti fotografi, memasak, blogging, keuangan? Manfaatkan konten yang Anda miliki untuk dikembangkan dan dijadikan e-book. Contohnya, resep masak yang Anda tulis di blog atau Instagram. Kumpulkan semuanya, lalu buatlah dalam bentuk e-book dan jual.

Sewa properti

Properti masih menjadi primadona bagi sebagain orang dalam hal instrumen pengembangan dana. Karena harga properti selalu naik tiap tahunnya. 

Jika Anda memiliki rumah, apartemen lebih dari satu, bisa Anda sewakan. Banyak kok platform sewa properti yang bisa Anda pilih.

Atau bisa juga rumah yang Anda miliki disewakan di AirBnB. Ini lagi tren loh selama beberapa tahun belakangan ini. Karena banyak traveler lebih memilih rumah untuk tempat tinggal, selain harganya terjangkau, fasilitasnya pun lengkap.

Rental mobil

Mobil di rumah lebih dari satu, Anda bisa pertimbangkan opsi rental mobil. Lumayan loh penghasilannya. Atau bisa Anda rentalkan mobil ke saudara atau tetangga untuk dijadikan transportasi online.

Bisnis franchise

Anda suka berbisnis? Lahan ini bisa Anda coba, bisnis franchise atau waralaba. 

Sekarang ini banyak usaha waralaba yang menawarkan paket murah meriah dengan keuntungan yang lumayan juga. Selain bisa menjadi passive income, Anda juga turut serta membuka peluang kerja.

Pengembangan dana 

Pengembangan dana merupakan opsi lain yang bisa Anda pilih untuk menghasilkan uang. 

Sekarang ini semua serba digital. Anda cukup duduk manis di rumah, buka aplikasi dan bisa langsung mengembangkan dana. Anda bisa memilih fintech pendanaan bersama atau P2P lending untuk dijadikan instrumen pengembangan dana.

Kemudahan dari fintech lending membuat masyarakat tertarik untuk menjadi lender atau pendana.

Menghasilkan uang untuk passive income dari fintech pendanaan bersama

Zaman sekarang ini menghasilkan uang dari passive income bukanlah hal yang sulit dilakukan. Seperti yang ditawarkan oleh fintech lending, di mana Anda bisa mengembangkan dana lewat smartphone saja tanpa perlu datang ke kantor.

Dengan meletakkan uang yang sudah dialokasikan per bulan di fintech lending, Anda bisa meraup keuntungan 14-20% per tahun tergantung penawaran dari perusahaan fintech. Karena ada juga perusahaan yang menawarkan imbal hasil sampai 24%.

Nah, return yang Anda dapatkan dari fintech pendanaan secara bulanan inilah yang disebut passive income.

Ada beberapa tip yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan passive income dari fintech pendanaan bersama.

Pilihlah perusahaan fintech yang kredibel

Langkah pertama yang penting Anda lakukan adalah memilih perusahaan fintech yang kredibel di mana sudah memiliki izin atau terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Hal berikutnya adalah cek apakah perusahaan tersebut bisa mengelola risiko pendana dengan lebih aman atau tidak? Bisa dicek apakah platform tersebut memiliki underlaying asuransi kredit atau emas.

Adanya hal tersebut bisa melindungi modal pendana di mana tidak akan kehilangan 100% apabila terjadi gagal bayar oleh peminjam dana. Selain itu, carilah perusahaan fintech yang mempunyai TKB90 (tingkat keberhasilan pengembalian 90 hari) di atas 90%.

Pilih peminjam dana yang potensial dan sesuaikan periode pengembangan dana.

Sebagai pendana, Anda memiliki kelebihan yaitu bisa memilih peminjam dana. Dan tentunya Anda harus menyesuaikan juga dengan periode pengembangan dana sesuai tujuan keuangan yang sudah Anda bikin.

Mengelola risiko adalah hal yang cukup krusial untuk Anda pahami saat memutuskan melakukan pengembangan dana di fintech lending. Misalnya, Anda memilih jangka waktu kurang dari satu tahun, tapi bunganya tidak tinggi tapi justru jauh lebih aman.

Namun, jika Anda sudah menemukan segmen peminjam dana yang cocok, maka Anda bisa mengalokasikan dana scara konsisten dari bujet yang sudah ditetapkan.

Sabar menunggu hasil

Fintech lending menawarkan kemudahan yang sangat disukai banyak orang. Anda pun tidak perlu repot memantau maupun mencari peluang. Kendati demikian, Anda mesti bersabar untuk menunggu hasilnya berputar satu hingga empat kali siklus perputaran.

Anda bisa terus memutar modal sehingga uang tersebut terus berputar dan menghasilkan imbal hasil yang banyak. 

Kesimpulan

Untuk membangun passive income, hal yang sangat dibutuhkan adalah kesabaran dan konsistensi. Karena, Anda membutuhkan waktu agar modal yang ditanamkan bisa memberikan imbal hasil yang cukup. Tenang saja, ini akan terlihat seiring berjalannya waktu kok. Konsistensi pun diperlukan, dengan cara rutin menyisihkan uang di fintech lending.

Semakin rutin Anda melakukan pendanaan, maka nilai uang yang dimiliki pun akan terus bertambah. 

Nah, selamat mencoba untuk menghasilkan uang sembari tidur ya! Semoga sukses.