Mekar: Fintech Pendanaan untuk Berdayakan Perempuan Pengusaha UMKM

Tahukah Anda, bahwa peran para pengusaha UMKM—atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah—begitu besar dalam proses pertumbuhan ekonomi Indonesia? Kontribusinya hampir mencapai 60% terhadap PDB di tahun 2018. 

Meskipun ada penurunan signifikan selama masa pandemi, tetapi hal ini cukup wajar terjadi, mengingat imbas ekonomi Indonesia memang luar biasa lantaran gelombang infeksi virus COVID-19 yang luar biasa.

Pemerintah pun tak kurang-kurang lagi usahanya untuk menstimulus para pengusaha UMKM dengan berbagai program bantuan, agar bisa kembali bergerak dan membuat ekonomi Indonesia segera kembali ke posisi semula, dan bahkan bisa bertumbuh lebih baik lagi.

Fakta menarik lainnya, dari total UMKM yang tercatat di tahun 2018, ternyata lebih dari 60%-nya dikelola oleh perempuan. Ini merupakan data yang diungkap oleh Bank Indonesia. Sedangkan IFC—atau International Finance Corporation—mengungkap data bahwa setidaknya 43% UMKM formal dikelola oleh perempuan.

Cukup signifikan, bukan?

Namun, katadata.co.id sempat mengungkapkan fakta lainnya yang tak kalah menariknya. Bahwa para pengusaha UMKM perempuan baru dapat berkontribusi sebesar 9.1% saja terhadap PDB. Mengingat total kontribusi UMKM terhadap PDB, tentu angka ini terlalu jauh lebih kecil.

Karenanya, kita perlu memikirkan bagaimana cara terbaik untuk membantu perempuan dalam mengembangkan usaha mikronya.

Mekar: Mitra Para Pengusaha UMKM Perempuan untuk Berdaya Lebih Kuat

Mari kita berkenalan dengan Mekar, sebuah platform fintech lending atau fintech pendanaan di Indonesia dengan layanan online yang memberikan pinjaman dana bagi pelaku usaha UMKM dengan sistem peer to peer.

Bersistem mirip dengan marketplace, Mekar menawarkan peluang bagi kedua pihak—baik borrower maupun lender—agar dapat memberikan relasi saling menguntungkan terkait pinjaman dana usaha maupun pengembangan dana.

Borrower: Mengapa Harus Meminjam Dana dari Mekar?

Para pengusaha UMKM sering kali menemui kesulitan untuk dapat mengakses sumber pembiayaan konvensional, lantaran mereka belum dapat memenuhi berbagai syarat yang diminta. Fintech pendanaan seperti Mekar mampu mengisi gap yang terjadi ini.

Tak perlu khawatir, dengan bermitra dengan Mitra Penyalur Pinjaman yang memiliki cabang di lebih dari 13 provinsi di Indonesia, pinjaman dana dari Mekar akan dapat menyentuh banyak sekali para pengusaha UMKM sampai ke daerah paling pelosok. 

Dengan demikian, kesempatan para pengusaha UMKM—terutama pengusaha perempuan—untuk bisa mendapatkan pinjaman demi pembiayaan usaha akan sama besarnya.

Lender: Mengapa Harus Mengembangkan Dana di Mekar?

Mengembangkan dana dalam sistem peer to peer memang relatif tergolong risiko tinggi. Namun, Mekar memiliki sistem mitigasi risiko yang cerdas, yang dapat memberikan jaminan 100% terhadap pokok pinjaman lo!

Usaha mitigasi risiko tersebut meliputi:

  • Kriteria seleksi yang sangat ketat terhadap (calon) peminjam dan mitra penyalur pinjaman. Mekar akan memastikan bahwa para peminjam dananya tidak memiliki sejarah menunggak, dan mitra penyalur pinjaman memiliki NPL kurang dari 1%
  • Jika ada gagal bayar, maka mitra penyalur pinjaman akan membayar pengembalian pokok pinjaman.
  • Tersedia fasilitas tambahan untuk perlindungan ekstra  berupa asuransi kredit untuk pinjaman tertentu, tanpa tambahan biaya premi

Menarik, bukan? Anda, sebagai lender, dapat menelusuri profil (calon) peminjam dana dan mendapatkan informasi lengkap sebelum akhirnya memutuskan untuk memberikan pinjaman dana. Informasi tersebut meliputi profil peminjam, lokasi usaha, besar pinjaman yang diajukan, dan proyeksi imbal hasil. Anda tinggal memilih, pinjaman mana yang ingin Anda danai sesuai analisis dan juga kemampuan.

Imbal hasil yang ditawarkan Mekar hingga 10% flat per tahunnya. Tentu ini adalah imbal yang cukup tinggi, ya kan?

Sebagian besar pinjaman di Mekar adalah pinjaman produktif yang akan dimanfaatkan bagi perkembangan bisnis para pengusaha UMKM, yang akan memberikan dampak lingkungan dan sosial yang positif, dengan 86%-nya merupakan perempuan. Dana pinjaman ini akan digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan usaha sehingga dapat meningkatkan penjualan, ekspansi, hingga menciptakan lapangan kerja baru.

Tertarik untuk Menjadi Lender maupun Borrower di Mekar?

Caranya mudah sekali untuk bisa mulai melakukan pengajuan pinjaman, atau juga memberikan pembiayaan.

  • Akses website Mekar di mekar.id, lalu klik tombol Login
  • Setelah laman Login tampil, klik tombol DAFTAR yang ada di bagian bawah untuk bisa mendaftar.
  • Pilih daftar menjadi Lender atau Borrower.
    Siapkan dokumen-dokumen yang diminta, dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Ketika pengajuan keanggotaan Anda sudah disetujui oleh tim Mekar, Anda bisa langsung memulai pendanaan ataupun pengajuan pinjaman dana. Cukup mudah, bukan?

Yuk, mulai kembangkan dana Anda demi membantu pemberdayaan para pengusaha UMKM agar bisa segera bangkit, terutama para pengusaha perempuan yang menjadi bagia terbesar dari pelaku usaha mikro! Bersama Mekar, Anda tak hanya akan membiarkan uang bekerja bagi diri sendiri, tetapi juga bisa berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.